Kali ini saya akan membahas tentang cara verifikasi PIN Google AdSense menggunakan KTP.

Mengapa saya ingin membahas ini? Ya karena ada banyak sekali Blogger yang menayakan tentang cara verifikasi alamat jika PIN tidak kunjung tiba.

Apa itu PIN Google AdSense?

PIN Google AdSense merupakan singkatan dari Personal Identification Number yang berarti Nomor Pengenal Pibadi, terdiri dari 6 angka. Fungsi PIN itu sendiri adalah untuk memverifikasi alamat akun Google AdSense, untuk mengindentifikasi bahwa alamat yang tertera di profil pembayaran akun Google AdSense sudah benar.

Kapan PIN Google AdSense dikirim?

Google AdSense akan mengirim PIN ketika saldo telah mencapai ambang batas verifikasi, yaitu $10. Ketika PIN telah sampai di alamat kita diminta untuk segera melakukan verifikasi.

Biasanya PIN akan tiba dalam kurun waktu 2-4 minggu, namun pada kenyataannya mungkin bisa lebih lama, tergantung layanan pos, lokasi alamat, atau faktor lainnya, seperti terselip, hilang, penulisan alamat yang tidak lengkap, atau lain sebagainya.

Kapan harus memasukkan PIN?

Untuk memasukkan PIN ke akun, kamu memiliki waktu selama 4 bulan sejak tanggal PIN pertama dibuat. Jika setelah 4 bulan belum memasukkannya, iklan akan berhenti tayang.

Bagaimana jika tidak menerima PIN?

Jika telah menunggu selama 1 bulan sejak PIN pertama dikirim, maka disarankan untuk menanyakan langsung ke kantor pos kecamatan.

Google memahami bahwa kamu mungkin tidak menerima PIN. Jadi, jika ternyata PIN masih belum sampai juga, maka kamu dapat meminta PIN kedua sebagai PIN pengganti, tunggu hingga 1 bulan sejak tanggal PIN kedua dibuat.

Namun sebelum meminta PIN baru, periksa dan pastikan nama dan alamat sudah benar. Jika ada kesalahan pada alamat, ubah dulu alamat dengan benar.

  • Login ke akun AdSense.
  • Pada panel navigasi kiri, klik Pembayaran.
  • Klik Kelola setelan.
  • Di bagian “nama dan alamat”, klik tanda “pensil”.
  • Perbaharui alamat pembayaran kamu di bidang “Alamat”.
  • Klik Simpan.

Baca Juga: Cara Membuat Blog dan Menghasilkan Uang dari Google AdSense

Dan apabila setelah menunggu 1 bulan kamu masih belum menerima PIN kedua, maka datang dan tanyakan lagi pada petugas kantor pos. Jika masih belum tiba, kamu harus meminta PIN ketiga, dan tunggu lagi hingga 1 bulan.

Perlu diketahui, bahwa 6 angka pada PIN yang dikirim pertama dengan PIN pengganti; kedua atau pun ketiga adalah sama.

PIN pengganti adalah duplikat PIN pertama

“Saya sudah meminta PIN Google AdSense sebanyak 3 kali, namun hingga kini belum ada satu pun yang tiba di alamat rumah saya. Apa yang harus saya lalukan agar bisa memverifikasi alamat akun Google AdSense?”

Solusi terakhir yang ditawarkan Google AdSense untuk memverifikasi alamat adalah dengan cara mengirim pindaian KTP, laporan transaksi bank, atau tagihan telepon yang mencantumkan nama pembayar dan alamat surat seperti yang muncul dalam akun.

Kamu juga bisa mengirim pindaian KTP dan surat keterangan dari Bank yang menyatakan bahwa rekening yang kamu gunakan untuk akun AdSense adalah benar milik kamu.

Email dukungan partner YouTube untuk verifikasi Pin Google AdSense
Email dukungan mitra YouTube.

Ada juga beberapa orang yang katanya berhasil memverifikasi alamat hanya dengan mengirim KTP saja.

Namun saya pribadi melakukan verifikasi alamat dengan cara mengirim KTP dan buku tabungan.

Alasan saya turut melampirkan buku tabungan adalah untuk meyakinkan pihak AdSense bahwa alamat pembayaran saya valid, sehinga bisa diproses dengan cepat dan disetujui.

Setelah mengirim kedua dokumen tersebut, tidak lebih dari 60 menit saya langsung menerima email yang menyatakan bahwa bukti identitas memenuhi persyaratan verifikasi alamat untuk AdSense.

Verifikasi PIN Google AdSense berhasil

Cara verifikasi alamat akun Google AdSense menggunakan KTP

Persiapkan dokumen; KTP yang masih berlaku dan buku tabungan. Pastikan nama dan alamat pada profil pembayaran akun AdSense sudah sesuai dengan yang tertera pada dokumen.

Baca Juga: Cara Verifikasi Identitas Google AdSense

Selanjutnya:

  • Login ke akun AdSense.
  • Klik Action (aksi) pada notifikasi merah yang berada di kanan atas beranda akun.
  • Klik tulisan “formulir ini” (biasanya akan muncul setelah 2 minggu sejak permintaan PIN ketiga).
    Formulir verifikasi PIN AdSense
  • Setelah itu akan dialihkan ke laman formulir seperti pada gambar berikut.
    Formulir PIN AdSense
  • Isi data yang diminta (Nama, Alamat email, ID Penayang). Untuk mengetahui ID Penayang, silahkan klik Setelan > pilih Akun > klik Informasi akun.
    Informasi Akun AdSense
  • Klik tombol “Pilih File” untuk mengunggah dokumen.
  • klik Kirim jika semua dokumen sudah berhasil diunggah.

Catatan: Verifikasi akan berhasil jika nama dan alamat pada profil pembayaran akun AdSense sama dengan nama yang tertera pada KTP dan buku tabungan.

Jika dokumen yang kamu kirim valid, maka kurang dari satu jam Google AdSense akan mengirim email yang menyatakan bahwa akun kamu telah terverifikasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gagal Verifikasi Identitas Google AdSense

Demikian cara tutorial cara verifikasi PIN menggunakan KTP + buku tabungan. Semoga bermanfaat.

Jika ada yang kurang kamu pahami dari tutorial ini, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar.

Jangan lupa Wak, share ke teman-temanmu.

18 KOMENTAR

  1. Tanya gan, saya kan sudah verifikasi lewat formulir scan KTP , 5 menit kemudian saya dapat email . Tapi bukan email yg menyatakan selamat verifikasi berhasil, tp Email yg saya dpt ” terimakasih telah meluangkan waktu untuk menyurati kami tentang PIN anda , kami telah memperpanjang batas waktu pengiriman PIN hingga 3 bulan .dst.”
    Gmna ya gan?

    • Itu artinya batas waktu verifikasi PIN diperpanjang. Coba besok (setelah 24 jam dr verifikasi pertama) agan ulangi verifikasi lagi pake KTP, kalau masih dapat email kayak gitu, besok ulangi verifikasi lagi hingga diapprove.

  2. Pak Baron, saya udah 3x kirim pin dan belum nyampe juga di rumah pinnya. Lalu muncul form isian seperti diatas (Nama, id penayangan, upload file).
    Yang saya mau tanya, apakah bisa jika kita mengirim scan ktp yang masa berlakunya seumur hidup, karena sebelumnya saya pernah juga gagal karena google tidak mengetahui tentang masa berlaku seumur hidup.
    Terimakasih,

    • Bisa mas, asal KTP masih bagus (foto & tulisan masih dapat dibaca & terlihat jelas). Lebih baik lampirkan juga scan buku tabungan. Karena ada beberapa informasi yg saya dapat di grup FB, mereka yg mengirim scan ktp saja tidak langsung diapprove, namun Google menambahkan masa penerimaan PIN selama satu bulan.
      Jd untuk menghindari hal itu, mas lampirkan jg scan buku tabungan, agar bisa langsung di approve oleh Google.

  3. Hai kak punya saya juga sudah 3x req tapi pas di tulisan “isi formulir ” itu saya tidak di arahkan seperti contoh kakak diatas , malah di arahkan ke bantuan adsense gimana kak solusinya?
    Jadinya saya gabisa isi formulir nya

  4. Bang, saya mau tanya :
    1. Apakah boleh mengganti nama dan alamat di Profil Akun GA saya?
    Sekedar info : Waktu buat Akun GA saya pake nama saudara saya. Cerita nya saya mau ganti.

  5. Gimana cara verifikasi dengan identitas orang tua gan? saya sudah masukkan akun orangtua saya sebagai admin , tapi saya bingung mau verifikasi ktp ortu saya dimana , sedangkan akun sudah ditangguhkan

  6. Gan, saya udah pake SIM, KTP tapi kok ngk bisa2 yah? sudah 3 kali. padahal udah ektp. mungkin ada alamat email yang agan kenal sebagai orang support dari google? masalahnya saya udah dapet pin kertas itu, nomor kartu dan rekening sudah saya masukan juga. cuman pas pencairan dana belom bisa selesai juga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Mohon tulis nama Anda di sini