Cara Verifikasi Identitas Google Adsense agar Tidak Ditolak

Cara verifikasi identitas google adsense

Sekarang menjadi publisher Google Adsense semakin berat. Beberapa waktu yang lalu Google Adsense menerapkan kebijakan terbaru. Pada peraturan baru tersebut, kita diwajibkan untuk melakukan verifikasi identitas dengan cara mengirim gambar tanda pengenal resmi yang dilengkapi foto dan masih berlaku. Nama pada tanda pengenal harus sama dengan yang tertera pada profil pembayaran.

Identitas apa saja yang diterima?

Tanda pengenal untuk keperluan verifikasi identitas yang diterima Google Adsense untuk publisher mereka yang berada di Indonesia adalah Paspor, KTP dan SIM.

Adapun syarat-syarat agar dokumen bisa diterima oleh Google Adsense, yaitu:
1. Kirim tanda pengenal yang masih berlaku. Kamu bisa mengirim; KTP, SIM atau Paspor. Jangan mengirim ketiganya, kamu cukup kirim salahsatu ID tersebut.
2. Gambar dokumen dapat dibaca dengan jelas, tidak kabur. Usahakan tidak ada refleksi atau pantulan cahaya pada gambar.
3. Dokumen yang tidak lengkap atau tertutup sebagian, atau foto yang gelap atau buram, tidak akan diterima.
4. Jangan upload dokumen atau foto selain tanda pengenal kamu; jika tidak, akun Google Adsense mu dapat ditangguhkan.
5. Untuk mencegah penyalahgunaan, pihak Adsense membatasi jumlah verifikasi. Jadi, upaya verifikasi identitas hanya bisa dilakukan beberapa kali saja (3 kali).

Apa yang terjadi jika Saya tidak memverifikasi identitas?

Pembayaran kamu akan ditangguhkan, alias tidak bisa menerima pembayaran dan iklan GA tidak akan lagi tayang di blog atau di channel YouTube mu.

Berdasarkan beberapa pengalaman publisher yang gagal dalam melakukan verifikasi identitas, pihak adsense akan menolak verifikasi apabila KTP mu sudah habis masa berlaku. Contoh KTP untuk masa berlaku 05/09/2018 tidak akan diterima/ditolak. Jadi solusinya adalah kamu harus membuat KTP yang baru dengan masa berlaku seumur hidup.

Selain itu, pihak adsense juga akan menolak jika pasfoto, alamat ataupun nama di KTP/SIM/Paspor sudah tidak lagi terlihat dengan jelas, buram atau terhapus sebagian. Misalnya kamu ingin melakukan verifikasi menggunakan salahsatu tanda pengenal yang masih berlaku, akan tetapi pasfoto di KTP sudah tidak terlihat dengan jelas, maka kemungkinan besar akan ditolak.

Selain dua kasus di atas, ada lagi penyebab verifikasi ditolak oleh adsense. Apa itu? Nama dan alamat yang tertera pada profil pembayaran berbeda dengan nama dan alamat pada tanda pengenal. Jika keduanya berbeda maka siap-siap untuk ditolak. Mungkin pihak adsense menganggap akun mu telah dibajak oleh orang lain tanpa sepengetahuan kamu. Jadi sebelum mengirim dokumen, pastikan dulu nama di KTP mu sama dengan di akun.

Tambahan: Satu tanda pengenal hanya bisa digunakan untuk verifikasi satu akun Google Adsense saja. Jika kamu mencoba memverifikasi akun adsense yang lain menggunakan tanda pengenal yang sama, maka verifikasi tidak akan berhasil.

Bagaimana cara untuk verifikasi identitas akun Google AdSense?

Siapkan salahsatu ID pengenal mu yang sesuai syarat di atas. Lalu scan atau juga bisa di foto dengan kamera smartphone, namun lebih baik di scan saja karena hasilnya akan lebih jelas. Kemudian ikuti langkah-langkah seperti pada video berikut ini:

Jika proses verifikasi kamu berhasil, maka kamu akan dikirimkan sebuah email mengenai keberhasilan proses verifikasi tersebut. Demikian sedikit pengalaman tentang verifikasi identitas pengenal untuk bisa menerima pembayaran Google Adsense. Semoga bisa bermanfaat, selamat mencoba. Jangan lupa share ke teman-teman yang lain.

5 KOMENTAR

  1. Mas kalo udah gagal 2 kali mas terus harus bagaimana,di adsense saya ada tulisan unit iklan anda tidak menampilkan iklan lagi karena anda gagal memverifikasi identitas

    • Kalau ada tulisan kayak gitu berarti iklan adsense kamu udah dinonaktifkan.
      Coba klik “Pelajari Selengkapnya” nanti di halaman itu ada penjelasan apakah adsensenya masih bisa diaktifkan atau tidak.

      Btw, kamu main YT atau Blog…?

  2. Mau tanya om…
    Saya kan alamat rumah sudah pindah dan alamat yg di akun saya kasih alamat sekarang biar sampai pin nya …
    Jadi alamat saya dengan ktp itu beda om gimna ya solusinya?

Komentar yang berisi link aktif tidak akan dipublikasi.